Kamis, 28 November 2013

Lintasan Hidup

                                                            Jalan yang berkelok-kelok

                                                         Jalan yang lurus dan mulus

jika dihadapkan oleh kedua jalan itu, jalan mana yang akan anda pilih?

Kebanyakan orang mungkin akan memilih jalan yang lurus dan mulus, mengapa demikian? itu karena mereka tidak pernah berpikir lebih dalam dan memaknai kedua jalan itu.

Jika mereka bertanya kepadaku tentang jalan mana yang akan aku pilih, tentu saja dengan lantang aku akan menjawab "aku lebih memilih jalan yang berkelok-kelok".

mengapa? padahal jalan lurus kan lebih simpel?

ya, lurus dan mulus kelihatannya memang simpel. Tapi pernahkah kalian berpikir bahwa di jalan yang lurus dan mulus juga tak sedikit menelan korban? itulah kenyataan yang terjadi saat ini. Orang akan dengan semena-mena berjalan di medan yang mulus dan lurus, dengan kecepatan tinggi mereka melesat menuju tempat tujuan. Hal itu berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di medan yang berkelok, bagi orang yang masih menyayangi nyawa mereka, tentu saja dengan hati-hati mereka akan berjalan dengan kecepatan minim jika melalui lintasan ini. itulah alasan mengapa aku memilih jalan ini.

relevansinya dengan kehidupan :

orang yang terbiasa hidup enak dan jarang menemui kendala, kehidupan mereka bagaikan jalanan yang lurus dan mulus, jarang menemui hambatan. Tapi kemulusan itu tak akan bertahan lama, jika mereka berkendara dengan semena-mena dan melesat tanpa perhitungan, nyawa menjadi taruhannya. itulah yang akan terjadi kepada mereka yang memilih jalan yang mereka anggap mudah dan selalu mencari titik aman, suatu masa mereka akan terjatuh karena kesombongannya dan akan begitu terpuruk jika dihadapkan dengan sebuah permasalahan.

Sedangkan bagi mereka yang hidupnya penuh dengan cobaan, selalu berani mengambil resiko, dan berani keluar dari titik kenyamanan, kehidupan mereka ibarat jalan yang berkelok-kelok, butuh kecermatan agar nyawa mereka tak terancam. Orang yang seperti inilah yang nantinya akan berhasil. selalu ada perhitungan dalam setiap langkahnya. Ada semangat dan perjuangan yang selalu digenggamnya. Permasalahan tak akan menggoyahkan langkah mereka, karena mereka akan berusaha untuk bangkit dan meneruskan perjalanan dengan perhitungan yang mantap.

INGAT!!! Jalan lurus tak selamanya mulus.

tentukan pilihan hidupmu :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar