Selasa, 08 Oktober 2013

Jenis-Jenis Paragraf #bridgingcourse




  • Berdasarkan letak kalimat utama
1.      Paragraf deduktif : paragraf yang diawali dengan hal-hal yang bersifat umum dan diperjelas dengan hal-hal yang bersifat khusus. Kalimat utama berada di awal paragraf.
Contoh :
Pengangguran yang belakang marak terjadi di Indonesia telah menimbulkan dampak yang sangat merugikan bagi warga Indonesia. Pengangguran tersebut terjadi karena jumlah lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia tidak mampu lagi menampung tenaga kerja yang jumlahnya melebihi lapangan kerja yang tersedia. Disamping itu tenaga kerja yang memiliki keahlian juga sulit ditemukan disaat sekarang ini, hal tersebut karena masih banyaknya masyarakat yang tidak mendapatkan pendidikan sehingga mereka tidak mempunyai keahlian yang menjadi persyaratan penting ketika seseorang hendak mendapatkan pekerjaan. Akibat dari pengangguran yang semakin meningkat tersebut banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan dalam masyarakat sekarang ini, contohnya perampokan, pembunuhan, pelecehan, serta pemalakan yang dilakukan oleh preman-preman yang tidak punya pekerjaan.
2.      Paragraf induktif : paragraf yang diawali dengan hal-hal yang bersifat khusus dan diperjelas dengan hal-hal yang bersifat umum. Paragraf utama berada di akhir paragraf.
Contoh :
Pemandangan yang dulu begitu indah kini berganti menjadi sebuah pemandangan yang tak sedap dipandang mata. Hutan yang berfungsi sebagai penyaring udara justru ditebang dan dijadikan lahan pemukiman akibat tidak adanya lahan kosong yang bisa dijadikan tempat pemukiman. Disamping itu, kendaraan bermotor yang semakin hari jumlahnya semakin meningkat mengakibatkan polusi dimana-mana. Seharusnya polusi tersebut dapat dikurangi dengan adanya pohon-pohon atau hutan yang dapat berfungsi sebagai penyaring udara atau setidaknya mengurangi polusi yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun semakin hari keadaannya menjadi semakin memburuk. Selain polusi yang semakin bertambah, pengalihan fungsi hutan tersebut juga berdampak pada terjadinya banjir akibat tidak adanya lagi hutan yang mampu menyerap air hujan. Begitulah dampak yang dihasilkan oleh pengalihan fungsi hutan menjadi pemukiman penduduk di daerah perkotaan.  
3.      Paragraf campuran : paragraf yang merupakan gabungan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif. Kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf.
Contoh :
Dewasa ini banyak warga desa yang melakukan migrasi ke wilayah perkotaan karena mereka merasa kehidupan di pedesaan tak lagi mampu mencukupi kebutuhan mereka. Kebutuhan yang semakin meningkat di segala bidang kehidupan membuat mereka terpaksa harus bermigrasi ke kota yang nampaknya lebih menjanjikan. Contohnya di bidang pendidikan, pendidikan di kota jauh lebih maju dibandingkan pendidikan di desa yang fasilitasnya sangat terbatas. Di bidang kesehatan, pelayanan kesehatan di desa hanya terbatas pada puskesmas dan posyandu yang hanya menyediakan obat-obatan dalam jumlah yang terbatas sehingga warga desa terpaksa harus jauh-jauh pergi berobat ke kota untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik daripada di desa. Satu hal yang menjadi daya tarik yang sangat kuat yaitu pekerjaan, lapangan pekerjaan di kota jauh lebih banyak dan lebih beragam dari lapangan pekerjaan yang ada di desa. Maka dari itu tak heran kalau dewasa ini banyak warga desa yang melakukan migrasi ke wilayah perkotaan.

  • Berdasarkan tujuan dan cara penyampaian
1.      Paragraf narasi : suatu bentuk paragraf yang menceritakan serangkaian peristiwa yang disusun menurut urutan waktu terjadinya
Contoh :
Malam itu hujan turun begitu derasnya, Andi yang awalnya berniat untuk pergi menjenguk Sisil yang sedang terbaring lemah di rumah sakit mengurungkan niatnya untuk pergi. Setelah berjam-jam lamanya Andi menunggu sampai hujan reda namun semuanya sia-sia, hujan makin bertambah lebat disertai angin yang kencang serta petir yang tak henti-hentinya menyambar. Disaat bersamaan Sisil yang sudah lama menantikan kedatangan Andi semakin merasa gelisah melihat cuaca yang tak bersahabat di luar sana. Padahal sudah lama sekali Sisil berharap Andi datang menjenguknya, tapi karena Andi harus mengikuti ujian sekolah, Sisil terpaksa harus bersabar menantikan kehadiran sahabat yang sangat disayanginya itu. Keesokan pagi, cuaca di luar sana sudah sedikit bersahabat meskipun awan mendung tetap setia menutupi langit tetapi setidaknya pagi itu hujan belum turun, tanpa membuang waktu Andi langsung melangkahkan kakinya menuju rumah sakit dimana Sisil dirawat. Betapa senangnya Sisil saat melihat sahabat yang begitu dinantikannya datang. Sisil pun merasa baikan dan beberapa hari setelah kedatangan Andi ia diperbolehkan untuk pulang.
2.      Paragraf eksposisi : paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan dan menerangkan sesuatu permasalahan kepada pembaca agar pembaca mendapat gambaran yang sejelas-jelasnya tentang sesuatu permasalahan yang dimaksud pengarang.
Contoh :
Danau Maninjau adalah salah satu tempat wisata yang terdapat di daerah Sumatra Barat. Pemandangan di Danau Maninjau ini dapat memanjakan mata siapa saja yang memandangnya, dari ketinggian kita bisa menikmati pemandangan Danau Maninjau yang terhampar luas, konon menurut masyarakat setempat bentuk  Danau Maninjau itu menyerupai kuali yang tergenang oleh air. Pemandangannya yang begitu indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Danau Maninjau tak pernah sepi setiap tahunnya, selalu ada pengunjung yang hendak menikmati keindahannya. Selain bisa menikmati pemandangan pantainya yang indah kita juga bisa berkeliling di sekitar kawasan Danau Maninjau dengan menyewa sepeda kita bisa berkeliling melihat sejarah-sejarah yang ada di sekitar Danau Maninjau. Namun untuk bisa sampai di Danau maninjau terlebih Dahulu kita harus melewati jalan yang berliku-liku dengan tikungannya yang tajam, biasanya disebut “kelok ampek puluah ampek” karena total dari semua kelokan yang ada berjumlah 44, cukup menantang adrenalin. Tapi perjuangan yang berat itu tak sia-sia setelah kita bisa melihat keindahan Danau Maninjau dari kejauhan.
3.      Paragraf argumentasi : paragraf yang berisi ide/gagasan dengan diikuti alasan yang kuat untuk menyakinkan pembaca.
Contoh :
Metode pembelajaran sistem kebut semalam atau SKS yang biasanya dipakai oleh para pelajar di saat hendak mengikuti ujian selama ini dinilai belum efektif. Materi yang cukup padat hanya dihafal dalam waktu yang begitu singkat. Banyak dampak yang ditimbulkan oleh sistem kebut semalam itu terhadap pelajar yang mempraktekannya di saat musim ujian datang. Beberapa dampak tersebut diantaranya: mereka akan menjadi tertekan dengan hafalan yang begitu banyak, materi yang diajarkan hanya tersimpan beberapa saat di otak dan kemudian hilang, kesiapan mereka dalam mengahadapi ujian tentunya tidak sematang siswa lain yang telah mempersiapkannya dari jauh hari dan tak jarang ketidaksiapan mereka membuat mereka gugup dan tidak bisa mengikuti ujian dengan baik, hasil yang mereka dapatkan pun tentunya tidak sebagus siswa lain yang punya persiapan matang. Sistem kebut semalam sudah seharusnya ditinggalkan oleh para pelajar dan beralih dengan sistem yang lebih efektif lagi yaitu belajar sedikit demi sedikit dari jauh hari sebelum ujian, sehingga di saat ujian datang kita hanya perlu mengulang sedikit tentang pelajaran yang telah dipelajari dan hasil yang maksimal pun dapat kita raih.  
4.      Paragraf deskripsi : paragraf yang melukiskan atau menggambar-kan sesuatu dengan tujuan agar pembaca seakan-akan bisa melihat, mendengar, atau merasakan sendiri semua yang ditulis oleh penulis.
Contoh :
Rumah di ujung gang itu begitu cantik dan elegan. Dindingnya yang bercat ungu  lembut serta desainnya yang begitu menarik membuat rumah itu semakin enak untuk dipandang. Rumah dua lantai itu di desain sedemikian rupa seperti rumah-rumah yang ada di negara Spanyol. Di halaman depan rumah terdapat taman yang dihiasi dengan bunga yang berwarna-warni serta gazebo di sudut kanannya yang sangat asyik jika digunakan untuk bersantai di sore hari, di tambah lagi dengan air mancur yang ada di tengah kolam yang semakin menambah hangat suasana taman rumah itu. Tak hanya bagian luarnya saja yang menarik, bagian dalam rumah itu pun tak kalah menarik. Didominasi oleh ornamen-ornamen serta perabotan yang juga berwarna ungu menambah kesan serasi pada rumah ini. Terdiri dari dua lantai, lima kamar tidur yang di setiap kamar juga dilengkapi dengan kamar mandi, serta kolam berenang yang cukup luas di halaman belakangnya. Rumah ini akan menjadi semakin menarik apabila lampu yang berwarna-warni di halaman depan rumah dinyalakan di malam hari. Sungguh rumah yang begitu indah, nyaman, dan menjadi idaman banyak orang.  
5.      Paragraf persuasif : paragraf yang bertujuan meyakinkan dan membujuk seseorang atau pembaca agar melaksanakan /menerima keinginan penulis.
Contoh :
Semakin hari rasa hormat dari anak kepada orang tua semakin berkurang. Apalagi di era yang sudah sangat maju sekarang ini. Tak jarang banyak anak yang tak lagi mematuhi perintah orang tuanya bahkan dengan seenaknya memperlakukan orang tua mereka sendiri seperti pembantu yang bisa mereka suruh seenaknya. Di dalam hadist juga telah dijelaskan bahwa salah satu ciri dari datangnya kiamat itu adalah di saat orangtua diperintah oleh anaknya. Dengan demikian jelas bahwa apa yang terjadi sekarang ini adalah pertanda bahwa hari kiamat itu sudah semakin dekat. Orangtua adalah orang yang telah merawat kita dari kecil, mereka telah mendidik kita hingga kita mampu mengurus diri kita sendiri, menyayangi kita, mencukupi segala kebutuhan kita, dan masih banyak hal lainnya yang mereka lakukan dengan sepenuh hati untuk kita. Maka dari itu janganlah kita melawan kepada kedua orangtua, hormatilah mereka, dan jangan pernah melukai hati keduanya, karena  ridho Allah terletak pada ridho kedua orangtua dan murka Allah terletak pada murka kedua orangtua. Marilah kita melakukan hal-hal yang bisa membuat kedua orangtua kita bahagia. Cintailah mereka dengan sepenuh hati dan rawatlah mereka jika mereka tua nanti seprti mereka merawat kita dengan kasih sayang di waktu kita kecil dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar