Selasa, 15 Oktober 2013

Fast Food, Antara Nikmat dan Kesehatan #bridgingcourse

Saat ini keberadaan fast food sudah sangat menjalar di kehidupan masyarakat, bahkan peredarannya pun berbanding terbalik dengan peredaran makanan tradisional. Kehadiran fast food saat ini telah membuat makanan tradisional banyak dilupakan oleh masyarakat. Di yogyakarta sendiri, sudah banyak outlet-outlet yang menawarkan makanan cepat saji. Olive adalah salah satu contoh makanan fast food di yogyakarta yang banyak digemari mahasiswa.

Fast food atau makanan cepat saji saat ini sudah tidak lagi menjadi makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Pada era ini fast food menjadi salah satu pilihan bahkan telah menjadi trend bagi masyarakat terutama kalangan mahasiswa karena alasan kesibukan. Aktivitas yang cukup padat membuat mahasiswa mau tidak mau memilih fast food sebagai alternatif untuk mengisi perut mereka. Maka tak heran, fast food saat ini menjadi sasaran utama para mahasiswa. Selain mahasiswa, fast food juga menjadi menu makanan yang diminati oleh kalangan remaja bahkan anak-anak.
Konsumennya yang cukup banyak membuat fast food saat ini mudah dijumpai dimana saja. Ada banyak restoran Fast Food di Indonesia yang menawarkan banyak pilihan makanan yang menggiurkan, mulai dari harga yang murah hingga mahal sekalipun. Beberapa contoh makanan Fast Food tersebut diantaranya : pizza, hot dog, burger, kfc, hingga mie instan. bicara tentang mie instan, mie instan adalah salah satu jenis makanan fast food yang paling merakyat. Karena harganya yang murah serta rasanya yang cukup enak membuat mie instan menjadi makanan favorit bagi mahasiswa khusunya di akhir bulan. Ketika mendengar kata ‘fast food’ biasanya yang terlintas dalam pikiran kita adalah makanan seperti burger. Burger adalah makanan cepat saji yang harganya termasuk mahal jika dibandingkan dengan porsinya yang belum tentu bisa mengenyangkan para penikmatnya. selain itu, Pizza adalah salah satu contoh Fast Food yang harganya selangit tapi rasanya cukup sulit untuk dilupakan. Pernahkah terlintas di benak anda, detik ini juga, begitu nikmatnya lelehan keju yang ada di pinggiran pizza? Hmmm, yummy...
Salah satu faktor pendorong mengapa fast food menjadi pilihan yang menarik bagi para konsumen adalah dari cara pemasaran produk atau iklannya. Iklan KFC contohnya, strategi pemasaran iklan KFC di Indonesia sangatlah baik, dengan menghadirkan bintang iklan yang mampu menarik perhatian konsumen seperti Agnes Monica serta pengemasan produknya yang cukup menarik dan menggiurkan membuat konsumen tertarik untuk mencobanya langsung. Penyajian fast food yang cepat dan menarik menjadi salah satu nilai tambah mengapa banyak orang beralih untuk memilih fast food dan menjadikan fast food sebagai idola. 
Dari sudut pandang mahasiswa, fast food sangat tidak sehat untuk kesehatan badan apalagi kesehatan dompet. Fast food seperti KFC, McD, dan lain-lainnya bagi sebagian mahasiswa tentu sangat memberatkan karena harganya yang mahal. Meskipun mahal, tapi konsumennya tetap bertambah dari hari ke hari. Jelas terlihat bahwa makanan cepat saji ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dewasa ini. Selain rasanya yang enak, harganya pun cukup terjangkau terutama bagi kalangan atas. Oleh karena itu, tak sedikit orang beranggapan bahwa fast food kian diminati oleh konsumen golongan atas. Tapi tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak fast food yang harganya cukup murah dan terjangkau untuk kalangan menengah.
Fast food adalah makanan cepat saji yang enak namun dibalik keenakannya fast food tersebut mengandung zat pengawet berbahaya dan juga zat adiktif yang membuat kita menjadi ketagihan dan tentunya tidak baik untuk tubuh. Celakanya, tidak semua orang tahu apa akibat yang ditimbulkan dengan mengonsumsi fast food secara berlebihan dalam jangka waktu panjang. Fast food sangat tidak menyehatkan dan membahayakan kehidupan kita kedepannya. Meskipun makanan ini berdampak buruk bagi tubuh, tapi tuntutan pada era ini yang mengharuskan segala sesuatunya secara cepat menjadi salah satu faktor utama eksistensi fast food di dunia. Makanan cepat saji ini memang tidak membutuhkan waktu lama ketika kita memesannya, tetapi makanan tersebut belum tentu diolah secara baik dan kebersihannya pun belum terjamin. Fast food sangatlah berbahaya apalagi jika dikonsumsi terus-menerus. Keseringan mengkonsumsi fast food membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Untuk itu sebaiknya kita mengurangi bahkan lebih baik lagi jika kita bisa menghindari konsumsi fast food.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar